RSS

Daily Archives: September 8, 2011

Oh Seribu Bulan

Sudah tiga hari belakangan ini saya dan teman saya berdiskusi mengenai lailatul qadar. Sebelumnya, selama Ramadhan ini, kami yang kehasuan akan ilmu memang lagi sok-sok-an bicara soal agama, berniat khatam Al-Qur’an pada Ramadhan ini, sok-sok-an religius sampai ngaji (baca: mengkaji) bareng. Tahun-tahun di dua tahun sebelum sekarang, hmm mana pernah J.

Ramadhan ini memang bulan yang penting bagi saya. Saya sedang berada pada fase pembaikkan diri. Bukan perbaikkan diri. Pembaikkan-saya ingin membaikkan pribadi saya. Jiwa saya sedang terlunta-lunta dengan keragu-raguan. Bagi saya, perbaikkan sekedar hasil. Sedangkan, pembaikkan perlu proses. Jiwa saya butuh proses yang menguatkan pribadi saya. Dan ramadhan ini menjadi momen penting saya.

Kembali kepada tiga hari belakangan ini. Awalnya saya menunggu teman saya itu online di yahoo messenger untuk bicara soal lailatul qadar. Namun sampai tengah malam tak kunjung muncul batang hidungnya. Sepertinya dia sudah istirahat. Biasanya kegiatan di hari Sabtu itu memang lebih melelahkan di hari biasanya bagi remaja seperti teman saya itu =)) J. Akhirnya saya sms untuk sok-sok-an sekedar mengingatkan “Lailatul qadar, Pal! Tadarus & doa yuk! Malaikat lg turun”

Saya mendapat balasannya ketika sahur, “Pal emang ada yg tau lailatul qadar tuh kpn? Setiap mlm jg tadarus n doa. Smoga dpt mlm itu.”

Saya balas via YM, “Pal, ada rujukan kok kalo lailatul qadar itu 10 hari ramadhan terakhir. Saatnya malaikat turun, menilai siapa yg bersungguh2. Ini berkali lipat dr tiap mlm yg penuh dg kebaikan doa dan tadarus. Malaikat memang turun tiap hari, penilaian yg ditulis malaikat dan disampaikan pd allah dlm ramadhan lbh indah, makin indah lagi ketika 10 hari ramadan terakhir (lailatul qadar) bagi yg bersungguh2.. Alangkah indahnya insan mengejar2nya. CMIIW,” begitulah balasan sotoy saya.

Obrolan pun berlanjut, dia bilang, “Tp. Tapi pal. Tanda2 itu tuh samara. Allah Yang Maha Berkehendak.. Manusia2 terpilih yg bs liat tandanya. Manusia2 pilihannya yg bs meraih malam itu. Wallahualam ya td mlm tuh lailatul qodar. Gw sbagai manusia biasa, cm bs berdoa sepanjang malem. Berharap salah 1 doa gw nyangkut di lailatul qodar.”

Saya pun sebagai manusia biasa ingin menanggapi keterangannya tentang ‘manusia2 terpilih yg bs liat tandanya, “Nah itu, sebenarnya kan kita sbg manusia biasa, cuma itu intinya, berharap, dan harapan itu, semoga allah berkehendak, wallahualam kita bs mencapai lailatulqadar atau g buat kita, hanya allah yg menilai dr semua kesungguhan kita.”

Doi pun masih ingin berkomentar, “tpi scr logika semua muslim mgkin aj mdpatkannya..Malam itu (mgkin) bs jdi saat kita tobat yg sesungguhnya dgn dibimbing malaikat,..utk selamanya.progres trus dan ga labil..wallahualam.. Rasul bersabda:”Barang siapa dikehendaki Allah utk mjdi baik,mk Allah akn mnjadikannya org yg memahami agama scr mndalam”” Eh ternyata nara sumber komentarnya adalah abang sepupunya 😀

Nah ini tambahan lagi dari kakaknya itu, “Lailatur Qadar dilukiskan sebagai salam kedamaian sampai terbitnya fajar dan ini menjadikan hati seseorang yg mendapatkannya selalu damai dan tenteram sehingga mengatar pemiliknya dari ragu kepada yakin, dari kebodohan kepada ilmu, dari lalai kepada ingat, khianat kepada amanat, riya kepada ikhlas lemah kepada teguh dan sombong kepada tahu diri…”

Eh saya pun masih mau sok-sok-an berkomentar, “beramal pada malam itu (lailatul qadar) dengan shalat, dzikir, dan membaca Al-Qur’an nilainya lebih utama daripada amalan yang sama selama seribu bulan yang tidak memiliki lailatul qadar – Sayyid Sabiq (Merujuk dr yg kmrn lw blg; wallahuallam – kesungguhan biarlah Allah yg menilai, krn gw sbg insan yg br belajar soal agama jg mau dinilai sm Allah; ditambah dg rujukan yg td lw tulis, gw berharap keragu2an yg ad di dlm pribadi gw bs menjadi ketegasan)”

Eh di-copas deh tausiyah kakaknya, “Lailatur Qadar dilukiskan sebagai salam kedamaian sampai terbitnya fajar dan ini menjadikan hati seseorang yg mendapatkannya selalu damai dan tenteram sehingga mengatar pemiliknya dari ragu kepada yakin, dari kebodohan kepada ilmu, dari lalai kepada ingat, khianat kepada amanat, riya kepada ikhlas lemah kepada teguh dan sombong kepada tahu diri… nah,klo menurut mas nangkepnya.. setelah itu ga ada lagi tuh alesan2 perilaku yg condong pd dunia,yg menutup inderanya dari apa yg sudah ditetapkan dan dicontohkan..”Memang boleh jadi ada yg mengaku atau salah paham sehingga menduga telah mendapatkan malam mulia itu. Byk riwayat yg DIPERSELISIHKAN ke-SHAHIH-annya menyangkut tanda2 malam itu… –àKlo ada org yg yakin dpt mlm itu tp ga berubah dr ragu jd yakin, lalai kepada ingat, itu gmn? itu malam yg lebih baik dari seribu bulan. ‎​masa iya ud ngerasa dpt malam itu,,tapi orgnya masih katro aja.. à‎​malam yg mulia,,malam diturunkannya Al Quran..malam dimana malaikat turun atas izin Allah utk menyelesaikan segala urusan.-à Terus? Gmn dong klo ngrasa udh dpt tp msh cupu. Berarti ga dpt dong? Pdhl 10 malem ke 3, setiap hari udah khusuk. ya itu,,mgkin cuma ngerasa.. ‎​gini..logis menurut awam spt saya.. ‎​Quran turun saat Lailatul Qadr..itu kn kitab petunjuk ttg segala sesuatu mengenai hidup. ‎​Klo udh ibadah max 10 he ke-3, trs msh ble’e. Berarti ibadah dia iti gmn. -à lah ibadah mah ibadah aja.. ‎​emg klo ud niat gitu pasti lsg dikasih.. kn ga tau juga kita.. ‎​tau kan… bahkan ibadah kita aja tuh bisa jadi bencana .. ‎​klo saat ibadah itu kita menjadi riya.. ‎​bukan krn Allah,,tpi krn pgn diliat orang,,dianggep beriman,,dianggep alim.. jadinya riya.. bayangkan.. itu ibadah lhoo .. ‎​mas aja klo dipikir sering riya juga .. ‎​yg mendasar aja deh..motivasi pgn dapetin malam itu apa?..setelah dpt malam itu terus gimana?..klo udah mati2an ibadah 10 hari dan ttp ga dapet terus gimana??..‎​klo kita hidup 65 tahun dan 1 malem dapetin lailatul qadr,pada usia 25 tahun (1000 bulan, kurang lebih 80 tahun).. apa iya abis itu kita leha2.. dan sante2 aja krn merasa ibadahnya ud lebih dari cukup..”

Dan saya mengakhirinya, “Org cupu ke-GR-an aje ye dpt mlm itu.. Saya sbg org awam bin cupu baru bs menangkap kisah ttg lailatulqadar dmn turun para malaikat dan saya ingin moment itu utk ibadah ya ibadah dg peningkatan ibadah dr biasanya aja tp kualitas tetap allah yg menilai. Mendapatkan mlm itu atau tdk, wallahuallam bi sowaf (-end- jg dr gw)”

21 Agustus 2011

 
Leave a comment

Posted by on September 8, 2011 in Uncategorized